pasang iklan media online pewarta network

Kiat Sukses Juara Olimpiade

Kiat Sukses Juara Olimpiade
Ilustrasi murid berprestasi.

SAYEMBARA.NET - Salah satu lomba bergengsi yang sering diadakan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA adalah olimpiade. Berbagai bidang pelajaran mulai dari ilmu pengetahuan alam seperti kimia, biologi, fisika dan ilmu pengetahuan sosial seperti halnya ekonomi, geografi, sosiologi sampai dengan matematika sering diujikan dalam olimpiade.


Sebelumnya olimpiade populer dan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek dikenal sebagai Olimpiade Sains Nasional (OSN), namun saat ini istilah tersebut berubah menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN).


Bukan perkara mudah untuk menjadi seorang juara olimpiade, namun bukan hal yang mustahil untuk Anda bisa memenangkan kompetisi tersebut. Tahapan seleksi yang harus dilalui pun cukup panjang, mulai dari tingkat sekolah, berlanjut ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, sampai ke nasional.


Untuk meningkatkan peluang besar Anda menjadi seorang pemenang dan mendapatkan medali emas, perak, ataupun perunggu berikut kiat sukses menjadi juara olimpiade.


Membuat Jadwal Belajar Terstruktur


Sebelum mulai latihan mengerjakan soal-soal, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuat jadwal belajar yang terstruktur dan rapi. Hal ini bertujuan supaya Anda konsisten memperdalam pemahaman ilmu pengetahuan yang akan diujikan saat olimpiade.


Anda bisa membuat jadwal belajar secara harian hingga mingguan. Saat sering berlatih dan belajar, Anda akan lebih siap dengan kompetisi tersebut meskipun sudah mendekati hari pelaksanaan, karena Anda telah memahami dan menguasai materinya.


Memahami Materi dengan Baik


Bukan hanya sekedar belajar, namun belajar dengan benar menjadi faktor penting untuk Anda memahami konsep-konsep dalam soal olimpiade. Tidak cukup dengan menghafal, Anda perlu meresapi dan memahami konsep dasar dari materi tersebut.


Tujuan dari Anda memahami konsep dasar materi adalah bentuk antisipasi saat soal-soal yang diberikan berbeda dari apa yang telah Anda pelajari sebelumnya. ‘Mungkin’ maksud konsep dari soal tersebut sama, namun menggunakan variasi yang berbeda dalam penyelesaiannya. Jika Anda memahami materi dengan baik, maka tidak akan kebingungan dalam mengerjakan soal olimpiade.


Tips sukses juara olimpiade
Ilustrasi belajar


Berlatih Mengerjakan Soal


Perlunya berlatih mengerjakan soal adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan Anda tentang materi olimpiade. Hal ini sekaligus membantu Anda untuk mengevaluasi diri dan belajar menyelesaikan soal yang belum Anda kuasai.


Biasanya soal yang diujikan setiap periode tidak jauh beda dari periode sebelumnya. Maka, tidak ada salahnya jika Anda mencari dan mengerjakan soal-soal olimpiade di tahun lalu. Sistem seperti ini akan sangat membantu dan memudahkan proses belajar Anda.


Mengikuti Lomba Sejenis


Ketika Anda sudah menerapkan pola belajar terstruktur, memahami konsep dasar materi, dan berlatih mengerjakan soal, saatnya Anda memberanikan diri untuk mengikuti lomba yang sejenis olimpiade. Anda bisa mencoba mengikuti lomba yang diadakan oleh beberapa universitas maupun organisasi.


Mencoba sesuatu yang baru pasti akan merasakan manfaatnya pula. Dalam hal ini, saat Anda mencoba ikut kompetisi bisa mendapatkan pengalaman, contoh soal, teman baru, atmosfer dalam dunia kompetisi, sampai piala pun bisa Anda bawa pulang. Jika sedari awal sudah terbiasa dengan atmosfer kompetisi, maka saat pelaksanaan lomba bisa mengurangi rasa gugup Anda.


Komitmen dan Konsisten


Saat akan mengikuti olimpiade Anda harus mencoba dan membiasakan diri untuk berkomitmen. Tentu tidak mudah, banyak sekali godaan untuk sekedar pergi sebentar dengan teman-teman. Perlunya komitmen dalam diri adalah bentuk usaha Anda supaya lebih giat belajar dan berusaha memanfaatkan waktu memperbanyak latihan soal dibanding nongkrong berjam-jam.


Selain berkomitmen Anda juga harus konsisten. Dua hal yang saling berhubungan harus dijalankan selaras untuk mencapai tujuan, yaitu juara.


Jika Anda berkomitmen untuk belajar, maka menjalankannya pun tidak boleh setengah-setengah. Contohnya dalam minggu pertama Anda giat berlatih, selanjutnya minggu kedua sedikit santai, sampai akhirnya minggu ketiga sudah merasa mulai bosan dan capek untuk berlatih.


Berlatih secara konsisten sejatinya tidak akan merugikan Anda. Justru semakin sering bertemu dengan latihan-latihan soal maka Anda akan lebih matang dari segi ilmu pengetahuan dan bisa mengantarkan Anda pada kejuaraan.


Ilustrasi belajar bersama di taman
Ilustrasi belajar bersama


Mencari Circle Pertemanan yang Positif


Tampaknya sepele, namun memiliki pengaruh besar yang akan merubah cara pikir Anda. Dengan memiliki circle pertemanan yang positif, Anda akan memiliki dukungan dan alarm untuk selalu berada di jalan yang benar.


Me Time


Mengambil waktu sejenak untuk bersantai dari rutinitas belajar juga perlu. Komputer saja sebagai perangkat keras perlu di refresh, terlebih Anda sebagai manusia juga membutuhkan waktu untuk beristirahat.


Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memanglah kurang baik. Memiliki ambisi itu boleh dan bisa dikatakan oke banget, namun Anda tetap memerlukan waktu untuk istirahat, tidur tepat waktu, makan-makanan yang membangkitkan mood lebih baik, dan jalan-jalan sebentar.


Bijak memanfaatkan waktu dan usia selagi muda. Jangan biarkan perjuangan Anda yang sudah berhari-hari belajar dan menguras energi terbuang sia-sia akibat kelelahan. Terapkan ke-7 tips sukses juara olimpiade di atas untuk mempersiapkan diri Anda sebagai juara olimpiade dan mengharumkan nama Anda. Good Luck! 

**

Penulis adalah Nimas Taurina, bisa dijumpai pada akun Instagram @nimas.ayudia

Lebih baru Lebih lama

Ads

pasang iklan media online pewarta network

Ads

pasang iklan media online pewarta network